Gamalama Setelah Erupsi

Alhamdulillah dapat kesempatan lagi mendaki gunung gamalama setelah statusnya kembali aman untuk dilakukan pendakian, Target utama : melihat kondisi puncak setelah erupsi & mencoba keakuratan Koordinat GPS dari Aplikasi yang ada di Handphone.

Saya buat post ini memang agak out of date ,tapi tentu saja hal itu tidak mengurangi niat untuk berbagi infomasi . Pendakian kedua kami lakukan tgl 22-12-12 (magic number 🙂 ) yaitu beberapa bulan setelah Gunung Gamalama meletus dan menyebabkan bencana. Salah satunya aliran lahar dingin di beberapa lokasi di Kota Ternate. Ketika itu duka menyelimuti Kota Ternate, lahar dingin yang mengalir  akibat hujan deras di Bahu Gamalama menyebabkan sebagian rumah yang berada di pinggir kali ( Barangka Mati : bahasa ternate) hancur serta rusak berat dan menyebabkan adanya korban jiwa. Ketika pergantiaan tahun baru 2013  Pemerintah kota Ternate menyambut dengan Dzikir Bersama mengambil Hikmah dari apa yang terjadi,

” Gunung, Lautan, dan Seisi Alam memuji Nama-Mu, Ampunilah kami manusia yang Jauh dari Jalan-Mu Ya Allah,Kami Tak Layak menuju Surga-Mu,namun juga tak Kuat menerima siksaan Api Neraka-Mu..Senantiasa Bimbinglah kami menuju Jalan Ridho-Mu….

…Astagfirullah Hal Adzim…

Starting Trekking Gamalama 2nd :

Kali ini kami mencoba berangkat pagi hari setelah subuh, masih melalui jalur Kampung/Desa Moya. Tanah sepanjang jalur pendakian menuju post 1 kondisinaya sedikit basah berair 🙂 dan licin karena kemarin cuaca hujan dari siang sampai malam . Starting pendakian agak terasa sedikit sulit, dan akhirnya saya menemukan fakta baru bahwa sandal gunung walaupun ringan namun ada kelemahan , ketika jalur licin dan berlumpur, apalagi kalo tanah dalam kondisi basah , maka lumpur gampang sekali masuk ke atas telapak sandal,langkah jadi makin licin. Makanya kami putuskan untuk telanjang kaki & si sandal di gantung di tas.

Lepas Sandal supaya tidak licin

Lepas Sandal supaya tidak licin

Setengah Pendakian :

Kesempatan kali ini seringkali jalur pendakian ditutupi oleh jaring/sarang laba-laba (mungkin karena sudah lama tidak ada yang mendaki). Laba-Laba mengikatkan jaring rumahnya pada tumbuhan ilialang yang tumbuh di pinggir-pinggir jalur pendakian. Akibatnya saya dan teman harus memindahkan sarangnya dengan pelan supaya tidak menutupi jalur pendakian.

GPS HP :

Testing GPS hp, saya lakukan dibeberapa tempat, skenarionya ambil posisi GPS dan mengambil foto Lokasi pada point koordinat tersebut..tapi masih diragukan keakuratannya, setelah koordinatnya saya masukkan ke Wikimpia,sepertinya agak melenceng jauh..but i have tried it…

Koordinat Pos 2 menurut GPS HP

Koordinat Pos 2 menurut GPS HP

Koodinat dkt puncak menurut GPS HP

Koodinat dekat puncak menurut GPS HP

Kooordinat savana puncak Gamalama menurut HP

Kooordinat savana puncak Gamalama menurut GPS HP

Kondisi Puncak (berbeda ) :

Hampir seluruh lapangan (ceruk) antara puncak semu dengan puncak sejati gamalama yang semula berupa bebatuan cadas, tertutupi oleh batu-batu halus yang terlihat seperti pasir di pantai.. Puncak sejatinya pun terlihat lebih banyak guratan dibandingkan dari sebelum terjadinya erupsi.

Pasir Puncak

Pasir Puncak

Namun Tetap MENAKJUBKAN, INDAH, MEMBUAT CANDU…

Indahnya Kemahakuasaan Allah SWT, ragam ketenangan dari puncak gunung ketika melihat kearah lautan…yang tidak berubah adalah cakrawala dari atas, memanjakan mata dan emosi – wisata terbaik di Ternate ( My opinion)

Puncak Sejati Gunung Gamalama setelah erupsi

Puncak Sejati Gunung Gamalama setelah erupsi

Advertisements
Categories: Altitude | Tags: , | 1 Comment

Post navigation

One thought on “Gamalama Setelah Erupsi

  1. Marc

    amazing place..i’have visited ternate twice

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: