Maluku-Maluku Utara (Perjalanan Menuju Sanana-Kepulauan Sula)

Pelabuhan A.Yani Ternate (Pelabuhan Barang Sekaligus Penumpang Tujuan Jarak Jauh)

Pelabuhan A.Yani Ternate (Pelabuhan Barang Sekaligus Penumpang Tujuan Jarak Jauh)

Sanana merupakan ibukota dari Kabupaten Kepulauan Sula yang terletak di wilayah provinsi Maluku Utara namun berbatasan langsung dengan provinsi Maluku (Ambon). Jarak Sanana dengan Kota Ternate +/-  284 km yang dulunya dapat ditempuh menggunakan transportasi perhubungan udara / pesawat perintis. Namun semenjak sekitar 3 tahun lalu bandara Emar malamo Sanana tidak bisa digunakan karena masalah pembebasan lahan.

Sekarang Sanana hanya dapai dicapai dengan menggunakan transportasi kapal laut, dengan waktu tempuh kurang lebih 14-15 Jam . Kapal berangkat dari Pelabuhan A. Yani Ternate yang juga merupakan pelabuhan bongkar muat di Kota Ternate. Bagi Anda yang ingin berangkat dapat menggunakan alternatif kelas ekonomi atau “bisnis” 🙂

IMG_1359

Ready to take off ( kapal yang berwarna putih adalah kapal cepat menuju Kab. Halmahera Selatan)

Kelas ekonomi berada di dek bawah dan tengah kapal. hanya dengan membayar Rp. 275.000,- /orang (Tarif Kapal Bunda Maria) anda akan mendapat fasilitas tempat tidur yang  menyerupai tempat tidur besi bertingkat seperti Barak-barak militer. Semua Penumpang laki-laki,perempuan,anak-anak pun dapat dilihat karena tidak ada sekat  antar penumpang selain jarak antara tempat tidur dan lorong jalan, Setelah memeriksa tiket penumpang, ABK Kapal akan membagikan satu paket makan malam sederhana (Nasi putih+Sambal+sepotong ikan tuna/cakalang+Air mineral gelas). Walaupun Sederhana masakan ikan chef kapalnya terasa sangat enak, tasted so good…

Dek Ranjang Kapal Tujuan Ternate - Sanana

Dek Ranjang Kapal Tujuan Ternate – Sanana

Kelas “Bisnis”/Kamar berada di dek paling atas, dengan membayar Rp. 275.000,- + Rp. 275.000,- anda akan mendapatkan fasilitas kamar berpendingan A.C dengan kualitas busa tempat tidur yang lebih baik, dan space yang lebih banyak untuk menyimpan barang bawaan. Untuk paket makan malam sama dengan fasilitas ekonomi.

Kapal Ternate-Sanana,Dek Atas Dengan Fasilitas Kamar

Kapal Ternate-Sanana,Dek Atas Dengan Fasilitas Kamar

Tips Naik Kapal Ke Sanana :

  • Jika ingin kelas bisnis/kamar bookinglah terlebih dahulu kepada agen kapal yang ada di Pelabuhan A.Yani Ternate,sebab  jumlah kamar yang ada terbatas serta berdasarkan pengalaman saya permintaan kelas ini selalu tinggi.
  • Bawalah Snack dan minuman ringan sebab kafe yang ada di belakang kapal tidak menyajikan begitu banyak pilihan.
  • Pilihlah lokasi tempat tidur antara bagian tengah dan depan kapal. Terlalu ke belakang Anda akan merasakan getaran dan suara bising mesin kapal, sedangkan terlalu ke depan,jika cuaca kurang bersahabat & laut sedang berombak tinggi ,Anda akan merasakan sensasi seperti menaiki wahana halilintar di dufan..haha..
  • Paling Penting Siapkan Mental dan Doa terbaik Anda 🙂 …Apalagi seandainya anda melakukan perjalanan sekitar Bulan Agustus.

    Ombak ombak dan Ombak, Sometimes or...

    Ombak ombak dan Ombak, Sometimes or…

Sesampainya Di Sanana…..

Walaupun populasinya yang tidak terlalu ramai, sanana adalah kota yang sangat ramah dan aman terhadap pengunjung,

Senyuman Penduduk seakan menyambut kedatangan para penumpang kapal, layaknya tamu VVIP…hehe

Ojek serta Angkot dapat menjadi pilihan untuk melajutkan perjalanan anda menuju penginapan atau tempat lainnya…

Perbedaan bahasa

Pada umumnya penduduk wilayah maluku utara menggunakan kata “Kita/Torang/Ngana/Ngoni’ Sebagai kata ganti untuk Saya/Kita/Kamu/Kalian. Namun berbeda di sanana,bahasa yang digunakan lebih mirip ke logat dan dialek Ambon dengan penggunaan “Beta” dan “Seng”.

Kedatangan Kapal di Pelabugan Sanana

Kedatangan Kapal di Pelabuhan Sanana

Menurut situs kemendagri.go.id  Kab. Kepulauan Sula adalah salah satu daerah bersejarah di  Wilayah Indonesia Bagian timur. Terdapat juga sebuah benteng peninggalan kolonial tepat disamping  Instana Daerah (Isda :Bangunan yang baru dibangun untuk kegiatan Kabupaten). Sayang sekali saya tidak sempat mendokumentasikan benteng tersebut padahal jaraknya dekat dengan pelabuhan.

?? Sebagian Gedung pemerintahan daerah (termasuk atapnya) di Sanana berwarna kuning??

Prepare to arrival

Bangunan beratap kuning diatas adalah gedung yang dinamai istana daerah (Isda Sanana)

MASA KERAJAAN
Sebelum kerajaan ternate menduduki Sula ssitem pemerintahannya berbentuk kesatuan sosial yang bersifat organisasi masyarakat desa, dengan kepala pemerintahannya bergelar kepala soa dan sekaligus merupakan panglima perang.
Sula sendiri adalah nama yang berikan oleh sultan Babullah yang berarti menara atau tiang panjang , setelah melihat kondisi kepulauan yang datar atau rata. Penamaan ini pertama kali dilakukan saat ekspansi kekuasaan Sultan Ternate yang terjadi hingga kepulauan sula 1575. Di bawah kepemimpinan Sultan Babullah ekspansi ini juga menjadikan sistem pemerintahan di Kepulauan Sula mengalami perunbahan. Kepulauan Sula kemudian di pimpin oleh seorang Salahakan, dimana menjalankan pemerintahan dibantu oleh Sangaji-Sangaji dari 4 (empat) yalai terbesar di sula . Baik salahkan maupun Sangaji – Sangji semuanya dipilih dan diangkat atas prsetujuan Sultan. Ke-4 Suku yafai yaitu Yafai Fatce ,Yafai Fagudu ,Yafai Faahu dan Yafai Mangon .Yafai Fatce menempati wilayah barat pulau Sula Besi , bagian selatan di tempati Yafai Fagud dan bagian utara oleh Yafai Faahu. Sedangkan diBagian timur ditempati Yafai Mangon. Pada wilayah-wilayah ini mereka hidup berpencar Dan di pegunungan maupan di pesisir pantai dengan beberapa keluarga berdasar kepala soa-soa tertentu. Mereka kemudian dikenal dengan nama Matapia sua atau orang sula yang didalamnya termasuk masarakat fogi, yang waktu itu masi mendiami daerah pegunungan.

KOLONIAL BELANDA
Masuknya belanda pada tahun 1909, maka kepulauan Sula dijadikan Order Afdeeing dengan kepala pemerintahannya disebut Controler dan berkedudukan di Sanana. Berdirinya Onder Afdeeling dengan sendirinya mengahiri kekuasaan salahaka beserta Sangaji-Sangaji. Belanda kemudian membangun distrik-distrik yang diantaranya distrik Sanana, distrik Pas Ipa, distrik Kawalo, sedangkan fogi masuk kedalam distrik Sanana.
Guna menghindari perpecahan di tengah masyarakat akibat politik devide et impers yang sering diterapkan oleh Belanda. Maka timbullah keinginan untuk menyatukan diri dalam satu kesatuan wilayah. Melalui masyarakat, kepala-kepala sukunya tahun 1911 dan menyampaikan kepada Sultan dan Controller Belanda, maka disepakati bahwa kesatuan wilayah yafai-yafai tersebut di akui dan diberikan status hukum (semacam desa) sebagai suatu kesatuan masyarakat hukum adat.

Buah Tangan dari Sanana

Sanana terkenal dengan Madu Hutannya, beberapa kali saya membeli madu hutan rasanya memang nikmat sekali dan begitu original…

Sebotol Madu Hutang Sanana

Sebotol Madu Hutan Sanana

Sebotol madu hutan sanana dapat dibeli di harga Rp. 150.000-200.000,-. Namun berdasarkan cerita teman asli dari sanana kita harus jeli untuk menentukan mana madu yang asli dengan yang sudah dicampur alias KW,diantara ciri madu asli :

  • Ketika botolnya dimiringkan, madu akan meluncur secara perlahan karena tingkat kekentalannya
  • Ketika dikocok dengan telur, maka telur terlihat seperti telah dimasak
  • Tidak mudah dikerubungi semut, karena tidak ada pemanis/gula tambahan
  • Susah beku jika dimasukkan ke lemari es,karena kandungan airnya sedikit

Selain Itu juga terdapat minyak kayu putih dan abon ikan cakalang (Abon Ikan Calakang Bg Ihsan Paling top)

Hint : Sempatkan diri anda untuk bangun di pagi hari dalam perjalanan pulang dari sanana menuju ternate, karena kemungkinan besar anda akan melihat sekumpulun lumba-lumba menghiasi perjalanan ( Kurang lebih ketika melewati pulau makian & moti)

Advertisements
Categories: Maluku Utara, Uncategorized | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: